Header Ads

TM 1 KPK, Ratusan Peserta Belum Dapat Kelompok

(Foto: Suasana TM 1 KPK Untirta 2019)


TM 1 KPK, Ratusan Peserta Belum Dapat Kelompok

Orange News(23/7)- Technical Meeting (TM) pertama Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) Untirta 2019 telah dilaksanakan pada Senin, pukul 06.30 sampai 12.00 siang. TM 1 diikuti oleh mahasiswa baru Untirta 2019 jalur SNMPTN dan SBMPTN, yang dilaksanakan di area lapangan parkir kampus A Untirta, Serang. Salah satu rangkaian acaranya yaitu pembagian kelompok mentoring KPK, namun sekitar 200  mahasiswa baru  yang sudah mendaftarkan diri belum mendapatkan kelompok.

Menurut keterangan yang didapat dari beberapa mahasiswa baru, mereka sudah mendaftarkan diri sesuai dengan prosedur yang ditetapkan. Seperti yang dikatakan oleh salah satu mahasiswa baru Untirta 2019 fakultas Kejuruan dan Ilmu Kependidikan, jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Haidar.

“Saya sempat tidak kebagian kelompok padahal saya sudah mengisi e-form pendaftaran sesuai alur, tetapi entah kenapa nama saya tidak ada di daftar anggota kelompok, hingga saya membaca daftar tersebut berulang kali tetapi tetap tidak ada nama saya. Saya juga sudah mengkonfirmasi ke grup chat mahasiswa baru dan saya hanya diminta untuk tetap datang di TM pertama," ungkapnya.

Permasalahan pun ini ditanggapi oleh Presiden Mahasiswa (Presma) Untirta 2019 “Untuk pendaftaran KPK Untirta 2019 itu sendiri kami sudah menyebarkan informasi di media sosial seperti instagram dan juga kita sudah memberitahukan informasi tersebut di grup chat mahasiswa baru Untirta 2019, mungkin adanya kesalahan jaringan yang dialami mahasiswa yang akan mendaftar sehingga menyebabkan mereka tidak mendapatkan kelompok” ujar Rafli Maulana.

Terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan masalah ini, pertama dari panitia sendiri khususnya divisi Kesekretariatan (Kestari) yang tidak membatasi jangka waktu pendaftaran KPK Untirta 2019. Kedua, divisi Kestari menerima data peserta KPK terbaru di hari Jumat, 19 Juli 2019 untuk diumumkan pada Minggu, 20 Juli 2019 sehingga pada saat TM 1 peserta KPK melonjak hingga 300 peserta.

Untuk penanggulangan permasalahan ini Abe Danidwistha selaku Koor Kestari KPK Untirta 2019 menuturkan solusinya yaitu untuk membatasi waktu pengisian e-form pendaftaran  KPK. 

"Hal ini memberikan sisi positif dan negatifnya. Dari sisi positifnya panitia yang bertanggung jawab diberikan kemudahan dalam rekap data. Namun dari sisi negatifnya, mahasiswa yang tidak sempat mengisi e-form pendaftaran KPK membuat merasa mereka merasa tidak perlu untuk mengikuti TM," imbuhnya.

Menindak lanjuti kejadian ini panitia KPK akhirnya memutuskan bagi mahasiswa yang belum mendapat kelompok mentoring dimasukkan ke dalam kelompok yang masih belum memenuhi batas maksimal anggota kelompok.

Reporter : Tasyia, Aul, Alfi, Unni

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.