Header Ads

Simpang Siur Isu KKM Tematik

(foto : gedung LPPM Untirta, Serang)




OrangeNews(20/5)-Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Tematik 2019 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan dilaksanakan pada 19 Juli hingga 19 Agustus 2019 yang berlokasi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang dan Kota Serang. Mahasiswa yang sudah memenuhi persyaratan diharapkan segera mendaftar, pendaftaran ditutup hingga tanggal 23 Mei mendatang.

KKM Tematik yang akan diadakan pada libur semester genap ini juga dapat memilih anggota kelompok KKM nya sendiri. Namun, pihak LPPM menyatakan sudah tidak menerima kelompok yang mengajukan anggota sendiri, dikarenakan sejak 16 Mei  sedang dilakukannya pengelompokan data KKM mahasiswa yang telah mengisi formulir pendaftaran dan yang mengajukan kelompok sendiri pun sudah diterima oleh LPPM.

“Sudah ada 5 kelompok yang sudah di serahkan di LPPM, ini sedang di proses pengelompokan data, jadi tidak bisa lagi yang ingin mengajukan kelompok,” ujar Hadi Setiawan selaku Koordinator Pusat Pengelolaan dan Pengembangan KKN/KKM di LPPM Untirta saat diwawancarai di Kantor/Gedung Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM).

Selama proses pendaftaran KKM Tematik banyak mahasiswa yang masih bingung lantaran kejelasan informasi akan diperbolehkannya membuat kelompok KKM sendiri. Oleh karenanya beberapa mahasiswa datang ke LPPM untuk menanyakan perihal kelompok KKM tersebut, salah satunya Dinda Oktavika mahasiswi Ilmu Komunikasi 2016. Ia mengeluh mengenai kepastian apakah KKM Tematik diperbolehkan memilih anggota kelompoknya sendiri atau tidak, karena jawaban dari LPPM yang didapat tidak memperbolehkan membuat kelompok KKM Tematik sendiri.

“Bingung soalnya agak simpang siur ya, ada yang bilang boleh ada yang bilang gak boleh (red: memilih anggota KKM sendiri). Jadi sebenarnya boleh atau enggak? Sempet tanya ke LPPM katanya gak boleh,” tambah Dinda.

Keresahan lainnya yaitu mahasiswa mendengar isu jika KKM yang memilih anggota sendiri dikenai biaya administrasi. Saat dikonfirmasi, pihak LPPM menyanggah isu tersebut. Pengajuan kelompok KKM dengan memilih anggota sendiri tidak dikenakan biaya sama sekali. Jika ada pihak yang pungli terkait KKM, Hadi menegaskan untuk melaporkannya pada LPPM.

“Bohong itu, itu dari siapa? Nah kenapa saya bilang pengelompokan boleh dan tidak boleh (red: pilih sendiri) karena ada main, sekarang saya buatkan saja kelompokan kaya gini, supaya betul-betul clear kan. Tapi yang pasti kalo ada pemungutan biaya pun mau Pak Rektor atau WR (Wakil Rektor) atau siapapun itu laporkan ke saya, asal ada bukti, tidak ada bukti pun gak apa-apa bilang ke saya asal ada nama siapa-siapa nya,” tegas Hadi.

Jika ingin mengetahui informasi lainnya, berikut website KKM Untirta yang berisi segala informasi mengenai KKM yang dapat diakses seluruh mahasiswa. https://lppm.untirta.ac.id/lppm/kkm/

Reporter: Nisa, Shouma, Wida

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.