Header Ads

Jalin Tali Persaudaraan Mahasiswa Eksyar di Mesya 2019



OrangeNews(17/5) - Himpunan Mahasiswa Jurusan ( HMJ ) Ekonomi Syari'ah (Eksyar) menyelenggarakan acara Milad Ekonomi Syariah (Mesya) yang ke-5 di Auditorium Gedung B Kampus A Untirta pada 16-17 Mei 2019. Acara yang bertajuk nuansa ramadan ini mengangkat tema "Merajut Ukhuwah Islamiyyah KBM Ekonomi Syariah dalam Limpahan Hikmah". Ukhuwah Islamiyyah atau menjalin persaudaraan ini juga sebagai sarana untuk mahasiswa Eksyar berkeluh kesah serta mengenal lebih dekat dengan jurusan Eksyar.

Rangkaian acara ini terdiri dari Seminar Bedah Konsentrasi dan Keprofesian yang telah terlaksana pada 16 Mei 2017, Pentas Ekonomi Syariah, Buka Bersama, Sharing with Ketua Jurusan (Kajur) dan dekanat serta Pemilihan Duta Jurusan 2019.

"Sejak Eksyar berjalan 5 tahun kita baru mengadakan yang namanya pemilihan duta di jurusan Ekonomi Syariah ini, selanjutnya ada pentas ekonomi syariah dalam pensi ini menampilkan apa saja potensi yang dimiliki dari setiap perwakilan kelas ataupun angkatan, selanjutnya ada acara yang paling utama yaitu Sharing With Kajur juga dengan bapak dekanat yaitu bapak wakil dekan 3  bidang kemahasiswaan ekonomi bisnis yaitu Akhmadi," ungkap Rizki, ketua pelaksana Mesya 2019.


Terkhusus agenda Sharing With Kajur yakni sebagai agenda utama, Arif Rohman sebagai Ketua HMJ Eksyar 2019 mengatakan bahwa hal ini dijadikan sebagai ruang untuk membahas keluh kesah mahasiswa Eksyar mengenai sarana prasarana.
Tak hanya itu, kegiatan ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada akademisi jurusan Eksyar atas jasanya dalam mengembangkan jurusan Ekonomi Syariah.

"Dengan adanya milad ekonomi syariah ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena terbentuknya jurusan ekonomi syariah dan sebagai bentuk apresiasai kepada para akademisi dan para pejuang ekonomi syariah yang telah luar biasa berkontribusi baik setiap pikiran dan tenaga untuk membangun jurusan ekonomi syariah," ucap Arif Rohman.

Ia pun menegaskan bahwa pentingnya menjaga persaudaraan dikalangan mahasiswa jurusan ekonomi syariah ini demi mewujudkan Prodi Ekonomi Syariah FEB Untirta terbaik dan terdepan di Indonesia di tahun 2025. Acara yang berlangsung selama dua hari tersebut difokuskan untuk mahasiswa jurusan ekonomi syariah. Namun Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ekonomi Syari'ah, Arif Rohman membuka diri bagi mahasiswa lainnya yang ingin bergabung.


Peserta yang hadir pun turut merasakan manfaat adanya kegiatan tersebut salah satunya Risma Wardani, mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah semester dua. Ia pun menuturkan bahwa dengan terlaksananya acara ini membantu mahasiswa Ekonomi Syariah terutama mahasiswa angakatan 2018 dalam mengenal jurusan Ekonomi Syariah di Untirta.

"Acara ini menurut saya sudah berhasil dari kemarin pun saat seminar bedah konsentrasi tersebut sangat membantu terutama bagi mahasiswa angkatan 2018, ini sangat memberi dorongan bagi seluruh aktivitas ekonomi syariah dimana acara ini merupakan acara yang sangat positif untuk pemasukan ide-ide dari luar kepada para mahasiswa. Pada tahun ini pun pelaksanaan Duta Ekonomi Syariah baru pertama kali dilaksanakan. Jadi harapan kedepannya juga Ekonomi Syariah mampu membumikan perekonomian secara syariah islam agar masyarakat tau bagaimana ekonomi syariah itu sendiri," jelas Risma.

Reporter: Anwar, Yullia

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.