Header Ads

Kendala Teknis Tak Surutkan Antusiasme Peserta ASF 2018



(Foto: Lomba Debat ASF yang dilaksanakan di gedung D Lantai 3 Untirta)

OrangeNews - (23/11) Administrasi Publik Scientific Fair (ASF) merupakan agenda tahunan dari Himpunan Mahasiswa Administrasi Publik Untirta yang diselenggarakan di Gedung D lantai 3 dan Auditorium Gedung B Untirta. Kegiatan ASF 2018 yang berlangsung mulai dari tanggal (17-26/11) ini memiliki beberapa rangkaian acara diantaranya Lomba Esay, Cerdas Cermat 4 Pilar, Musikalisasi Puisi dan Debat Nasional.

Dengan mengusung tema "Percepatan Pembangunan Desa yang Berkelanjutan", ASF tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya yang dilaksanakan selama lima hari berturut-turut, sedangkan tahun ini dilaksanakan selama sepuluh hari. Perlombaan yang diadakan ASF ini ditujukan untuk Pelajar SMA/sederajat se-Provinsi Banten serta Mahasiswa di tingkat Nasional. "Tahun ini tuh sepuluh hari, namun ada jeda waktunya, jadi minggu lalu itu kita fokus ke acara yang tingkat SMA/sederajat se-Provinsi Banten, tapi minggu ini kita fokus ke tingkat Mahasiswa Nasional" Ujar Dian selaku Ketua Pelaksana ASF 2018.

Terdapat perbedaan yang signifikan mengenai jumlah peserta yang mengikuti ASF tahun ini dibanding tahun lalu, pada tahun lalu terdapat 30 tim yang mengikuti perlombaan cerdas cermat, namun tahun ini mengalami peningkatan menjadi 42 tim. Lomba Musikalisasi Puisi yang baru diadakan tahun ini pun mendapatkan respon positif dari para peserta. Sedangkan untuk perlombaan debat sendiri hampir diikuti oleh 20 tim, namun terdapat beberapa tim yang mengundurkan diri seperti tim Debat dari ITB dan IPB dikarenakan memiliki acara yang bertepatan dengan kegiatan lomba debat itu sendiri.

Panitia ASF mengakui bahwa media sosial berperan penting dalam mempromosikan kegiatan ini. Cara mereka menarik peserta untuk mengikuti kegiatan ini adalah dengan melakukan kerjasama dengan berbagai media partner, memanfaatkan relasi dari berbagai Universitas, menyebarkan flyer ke berbagai media sosial, serta melakukan sosialisasi terkait ASF ini ke berbagai sekolah. Salah satu tim Debat dari Universitas Mulawarman pun mengaku bahwa mereka mengetahui kegiatan perlombaan ini lewat media sosial Instagram.

"Kami sangat bersyukur saat ini masih bisa bertanding dalam kompetisi debat Nasional di ASF Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, kami sangat bangga. Mengenai pelayanan kami sangat berterimakasih karena pelayanannya dan kepanitiaan ASF sangat luar biasa dan baik sekali, pesannya sih untuk lebih dipersiapian masalah ruangan saya kira kan karena ekspektasi debat nasional anggaplah diruangan yang mungkin lebih baik" jelas salah satu anggota tim debat saat ditanyai kesan pesan terhadap ASF 2018.

"Harapan ASF tahun depan, rencanakan dijauh-jauh hari, agar kegiatan lebih maksimal, bisa menarik peserta lebih banyak ketika persiapan sudah maksimal maka di hari H-nya pun semua berjalan dengan baik. Semoga acara tahun depan lebih baik dari tahun ini" tutup Dian.

(Reporter: Devy, Ega)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.