Header Ads

Semarak Bulan Bahasa 2018: Tangan Tangan Aksara Memeluk Nusantara

Foto: Acara penutupan Semarak Bulan Bahasa 2018 yang diselenggarakan pada Senin (29/10) di Kampus C Untirta.


                OrangeNews – (29/10) Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) turut memeriahkan momentum bulan bahasa tahun ini dengan menyelenggarakan acara semarak bulan bahasa 2018 dengan tema "Tangan-tangan Aksara Memeluk Nusantara" yang berlangsung selama tujuh belas hari dimulai sejak (12/10) hingga (29/10). Kegiatan ini rutin diselenggarakan setiap tahun oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI).

"Tema yang diangkat mengartikan agar kita memeluk dan menggenggam erat antara sastra dan bahasa Indonesia supaya pihak masyarakat dan sekitarnya lebih menengok lagi arti dari bahasa dan sastra indonesia, jadi bahasa dan sastra indonesia bisa lebih terkenal lagi di wilayah Indonesia serta ke kancah Internasional," terang Ketua Pelaksana Semarak Bulan Bahasa, Diana Mauludina saat ditemui di Kampus C Untirta pada Senin (29/10).

Diana mengatakan bahwa acara ini terdiri dari beberapa rangkaian kegiatan yaitu pembukaan, lomba-lomba, seminar nasional, pawai adat, dan acara penutupan yang dijuluki senja anugerah. Lomba-lomba yang ditawarkan dalam kegiatan ini antara lain yaitu lomba baca puisi, lomba baca berita, debat bahasa, dan musikalisasi puisi. Sasaran kegiatan ini yaitu pelajar dan mahasiswa yang ada di Provinsi Banten.

“Antusias dari para peserta sangat tinggi untuk mengikuti acara ini. Para peserta berjumlah sampai sekitar 150 orang se-Provinsi Banten. Alhamdulillah, acara ini lebih baik dari tahun kemarin dan mendapat dukungan penuh dari dekan dan Kajur FKIP Untirta juga,” ujarnya.

Diana mengharapkan agar acara ini dapat meningkatkan minat dan bakat para pelajar dan mahasiswa untuk lebih menengok bahasa dan sastra Indonesia, serta ikut mencintai budaya Indonesia. Ia juga menegaskan agar kita lebih sering menggunakan bahasa Indonesia daripada bahasa asing.

Pelajar SMAN 6 Kota Serang, Fajar Rahmatulloh. Ikut memeriahkan acara ini. Ia dan lima temannya menjadi delegasi perwakilan SMAN 6 Kota Serang untuk mengikuti lomba musikalisasi puisi. Fajar mengaku telah mengikuti acara ini sejak tahun 2016, namun ia tak berhasil mendapat predikat juara. 

“Saya coba lagi tahun ini, dan juga pengen menambah pengalaman dan sertifikat untuk masuk perguruan tinggi. Dengan mengikuti kegiatan ini, mencerminkan semagat pemuda juga, karena sempet gagal, jadi tahun ini nyoba lagi,” tutupnya.

(Reporter: Eksa, Fitri)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.