Header Ads

Menunjang Akreditasi, FEB Terapkan Absensi Online

Foto: Gedung Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

OrangeNews - (13/10) Absen mahasiswa dan dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) beralih ke sistem online, sistem pengabsenan online ini dinamakan Simakad. Simakad berbeda dengan Siakad yang mulai diberlakukan sejak semester ganjil ini, selain sebagai penunjang ketertiban mahasiswa dan dosen dalam ketepatan waktu dan kehadiran, sistem ini juga menjadi salah satu strategi tercapainya akreditasi A setiap jurusan di FEB. Keputusan ini telah disosialisasikan sejak tahun 2017 dan baru disetujui tahun ini karena banyaknya mahasiswa yang menolak dengan peralihan absen sistem online ini.

"Ini langsung bisa dilihat oleh Dekan FEB sendiri, nanti ketahuan siapa dosen yang tidak masuk, ataupun mahasiswa yang malas-malasan kuliah. Sistem ini pun sebagai salah satu strategi kami untuk meningkatkan kualitas FEB sekaligus untuk meningkatkan akreditasi. Negatifnya sendiri, dosen harus benar-benar teliti, karena untuk login dan logout harus sesuai dengan waktu yang ditentukan, jika lebih dari waktu yang ditentukan, maka mahasiswa dan dosen dianggap alpa (tidak hadir)" kata Epi Handayani selaku Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan.

Adanya pengalihan absen online ini pun ditanggapi oleh mahasiswa yang merasakan perubahannya.
"Sebenernya lebih enak pake sistem online, karena datanya langsung ke sistem, dan dosen yang enggak masuk jadi ketahuan. Tapi enggak enaknya itu kalau telat logout dari waktu yang terjadwal, catatannya jadi alpa (tidak hadir) kan sangat merugikan mahasiswa" ujar Mutia mahasiswa jurusan Akuntansi 2015.

Walaupun sudah beralih ke sistem online, namun pengabsenan offline tetap dilakukan. Sistematikanya ketika di kelas, mahasiswa tetap absen manual. Lalu sebelum kelas dimulai, dosen log in ke sistem Simakad, dan memanggil satu per satu mahasiswanya diiringi dosen menandai di Simakad. Dosen diwajibkan log out  sebelum waktu tenggang yang diberikan habis.

(Reporter: Ida, Liya, Liza, Dea)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.