Header Ads

Ungkap Kekecewaan, Panitia Bubarkan KPK Lebih Awal

Foto : Suasana saat penyampaian materi KPK hari ke-2 

OrangeNews - (14/08) Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK) hari ke-2 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa  (Untirta) telah selesai dilaksanakan. Kegiatan KPK yang dimulai pukul 05.30 WIB dan selesai pukul 12.00 WIB ini berbeda dari tahun sebelumnya, jika tahun lalu selesai sore hari, kini acara KPK hari ke-2 ini diselesaikan lebih awal. Selain itu, tidak ada penampilan dari setiap Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Menurut Suherna, selaku Wakil Rektor 3 bidang kemahasiswaan, acara KPK  hari ke-2 ini diselesaikan lebih cepat karena melihat kondisi para mahasiswa baru yang telah mengikuti berbagai rangkaian acara sebelum acara KPK dilaksanakan. Tidak adanya pengenalan UKM pun dikarenakan telah adanya kegiatan Pra-KPK yang dilaksanakan sebelum acara KPK dimulai.

“Ya dilaksanakan lebih cepat karena mereka capek ya kasian kan, sebelum acara KPK ini mereka  sudah mengikuti beberapa rangkaian acara sebelumnya seperti TM dan Pra," imbuh Suherna.

Selain itu, Suherna juga menanggapi terkait beredarnya kabar bahwa acara KPK yang telah diambil alih oleh pihak rektorat. Dirinya mengatakan memang di tahun sebelumnya pihak rektorat bekerjasama dengan mahasiswa, namun dikarenakan adanya aturan yang dikeluarkan oleh Kemenristekdikti bahwa KPK merupakan tanggung jawab dari pimpinan dan bukan tanggung jawab pihak mahasiswa sepenuhnya. Sehingga panitia harus mematuhi aturan yang sudah dibuat, karena acara KPK adalah acara yang lingkupnya nasional yang harus dilindungi.

Berbeda dengan Suherna, menurut Gustriana, selaku wakil ketua pelaksana KPK mengatakan, hal tersebut merupakan kesalahpahaman, karena pihak BEM bukan mendominasi acara, melainkan hanya ingin membantu pihak rektorat dalam acara KPK, karena kegiatan tersebut adalah salah satu program kerja  yang dimiliki oleh BEM Universitas yang melibatkan para civitas akademisi.

“Nah ini menjadi salah kaprah kalau menurut saya karna kan dalam arti ospek ini merupakan program kerja dari BEM Universitas di dalam kaderisasi BEM Univ dan mereka bernaung untuk menjalankannya,” pungkasnya.

                Gustri juga mengungkapkan bahwa, pihak BEM Universitas merasa kecewa karena tidak diberikan kesempatan untuk menjalankan acara sesuai dengan rencana. Bahkan di rangkaian acaranya pun tidak ada penjemputan mahasiswa baru untuk setiap Fakultas. Alasan panitia KPK membubarkan acara lebih awal pun merupakan bentuk kekecewaan mereka, hal ini juga disepakati bersama oleh pihak rektorat.

"Kedepannya saya berharap agar panitia selanjutnya dapat berkoordinasi dengan baik oleh pihak rektorat, serta bisa menjalankan acara sesuai dengan apa yang telah direncanakan secara bersama," tutup Gustri.

(Reporter: Ica/Devi/Didi)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.