Header Ads

UKM Festival, Terobosan Baru dari KPK 2018

Foto: proses saat pemberian materi oleh UKM KSR kepada peserta UKM Festival 2018.

OrangeNews,- Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Besar Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (BEM KBM Untirta) telah melaksanakan Kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Festival yang dilaksanakan di Lapangan Olahraga,  Teater Terbuka, kampus A Serang, Banten. (6/8)

Sebelumnya UKM Festival dinamakan Pra- KPK. Bergantinya nama Pra-KPK karena mahasiswa tidak tahu tujuan dari pra KPK, sehingga diganti menjadi UKM Festival agar mahasiswa baru lebih tahu tujuan dari acara itu sendiri.

"Tujuan diadakannya UKM Festival ini untuk meningkatkan minat mahasiswa berorganisasi, karena kaderisasi disetiap UKM Untirta semakin berkurang." Imbuh Jerry Alandastama, selaku ketua pelaksana KPK

Hari pertama kegiatan UKM Festival diikuti 85 kelompok dan dibagi menjadi dua kloter. Kloter pertama dimulai pukul 6.30 sampai 12.00 siang yang diikuti kelompok satu sampai kelompok 43, sedangkan keloter ke dua dimulai dari pukul 12.30 sampai 17.00 yang diikuti kelompok 44 sampai kelompok 85.

Ada yang berbeda dengan acara ini dari tahun sebelumnya, yang mana pengenalan UKM dilaksanakan diluar ruangan,  dimana sebelumnya pengenalan UKM banyak diadakan di dalam ruangan. Pihak panitia menggunakan sistem ini agar pelaksanaan UKM Festival lebih kondusif dari segi kunjungan ke setiap UKM serta mempersingkat waktu.

"Mengevaluasi dari tahun kemarin, karena tahun kemarin banyak indoor. Dari segi waktu banyaknya mahasiswa baru yang pingsan, kita mensiasati dengan cara outdoor. Fasilitas untuk UKMnya sendiri kami sudah memfasilitasi agar mahasiswa baru bisa datang ke setiap stand UKMnya" ujar Gustriana selaku wakil Ketua KPK
Pemakaian dress codenya sendiri dibebaskan oleh pihak panitia, karena panitia KPK Mencari aman agar acara tidak dibubar paksa oleh pihak rektor selain itu pemakaian dress code ini untuk membuat para peserta lebih nyaman dan tidak merasa terbebani.

Aina Pratiwi selaku peserta UKM Festival mengatakan bahwa ia merasa terkesan dengan acara ini karena ia bisa mengetahui apa yang harus dilakukan setelah menjadi mahasiswa. Menurutnya selain belajar dan mengejar nilai IPK ia bisa melakukan kegiatan yang bisa mengembangkan potensi diri melalui UKM yang ada.

Dengan diadakannya acara ini Jerry berharap, "semoga mahasiswa-mahasiswi baru semakin banyak yang ikut berorganisasi karena kuliah tidak mengikuti organisasi itu bagai sayur tanpa garam tidak ada rasanya, tidak ada pengalaman."

(Reporter: Nisa/Nova/Galuh)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.