Header Ads

Mengenal FISIP melalui Proaktif

Foto : Suasana saat pembukaan Proaktif 2018


OrangeNews - (17/8) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (BEM FISIP) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), mengadakan kegiatan Program Aktualisasi Mahasiswa FISIP (Proaktif) yang bertemakan Membangun Optimisme Generasi Milenial dalam Dinamika Politik dan Pembangunan Bangsa sebagai Manifestasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan tersebut bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa baru FISIP terhadap ruang lingkupnya. Agenda tahunan yang telah selesai dilaksanakan ini berlangsung dari tanggal 15 - 16 Agustus 2018, bertempat di lapangan basket kampus A Untirta, Pakupatan-Serang. Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini kurang lebih sebanyak 433 peserta.

"Proaktif adalah ajang periodik tiap tahun yang diadakan oleh BEM FISIP, yaitu sebagai bentuk bagaimana kita mengapresiasi mahasiswa baru yang berhasil mengikuti ujian dan akhirnya sampai ke dalam tahapan pembelajaran di FISIP yang nantinya Proaktif ini menjadi ajang yang menyenangkan, karena memang senior-senior dari FISIP juga turut ikut menyambut kegiatan ini dan tidak lupa juga dalam kegiatan ini juga kita menyelipkan bagaimana pendidikan-pendidikan yang baik untuk mahasiswa baru nantinya, agar pada saat sudah dilepas di jurusannya mereka sudah bisa memahami sedikitnya bagaimana sejarah dari FISIP, arti pentingnya berorganisasi dan pembelajaran-pembelajaran di kampus itu seperti apa dan kehidupannya juga seperti apa," Jelas Galih Akbar, selaku Ketua Pelaksana Prosktif 2018.

Hari pertama kegiatan Proaktif dimulai dengan pemberian pembekalan materi serta pengenalan Ormawa yang ada di FISIP Untirta, sedangkan pada hari kedua merupakan pemberian materi dan kunjungan mahasiswa baru ke sekretariat Ormawa yang ada di lingkup FISIP. Hal tersebut dilakukan bertujuan guna memperkenalkan organisasi internal kampus untuk menarik minat mahasiswa baru.

"Karena memang kepentingan berorganisasi itu penting karena kalo misalkan kita tidak berorganisasi, kita tidak berhimpun, kita tidak bisa berkembang dari segi pemikiran, dari segi pengalaman, atau dari segi kedewasaan kita terhadap dunia kampus, kalo misalkan memang kebebasan berorganisasi itu di batasi, sekarang sudah ada kebijakan-kebijakan untuk berorganisasi alangkah lebih baiknya mahasiswa baru ini menerima dengan baiklah dari temen-temen Ormawa sudah memperkenalkan diri dari DPM, BEM, Himpunan, UKMF atau yang berbentuk olahraga ataupun UKMF yang non olahraga, bimbingan akademik di FISIP itu yah gunanya untuk menghimpun mereka yang mempunyai bakat yang mempunyai kemauan untuk berorganisasi dari badan legislatif serta badan eksekutifnya juga sudah ternaungi, silakan teman-teman yang ingin bergabung, makannya ini juga menjadi pokok penting dari pada kesuksesan goal point dari Proaktif setiap tahunnya adalah kesadaraan mahasiswa baru untuk berorganisasi," imbuh Galih. 

Adapun tanggapan dari salah satu peserta Proaktif 2018, Adi Muhtadi, seorang mahasiswa baru jurusan Ilmu Komunikasi pun memberikan tanggapan mengenai Proaktif. Ia mengatakan bahwa acara tersebut baik untuk memberikan edukasi mahasiswa baru dalam pengenalan terhadapan kehidupan kampus. Selain itu juga mengenalkan mahasiswa baru dengan dekanat dan staf yang ada di FISIP.  

Selesai berlangsungnya Proaktif, mahasiswa baru pun di arahkan untuk membuat malam inagurasi FISIP. Di mana agenda tersebut dibuat langsung oleh mahasiswa baru itu sendiri dengan membuat suatu kepanitiaan di dalamnya. "Inagurasi merupakan acara puncak pada Proaktif yang dibuat oleh mahasiswa baru, dari segi  tema, konsep dan lainnya," tutup Galih.

Reporter: (Hasbi/Prima/Faizal/Tasyia)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.