Header Ads

Merespon Isu Pendidikan Melalui Gerakan Mahasiswa


Orange News - Serang(1/7) Gabungan beberapa mahasiswa dari perguruan tinggi di Banten turut serta dalam aliansi mahasiswa yang bernama Komite Pendidikan Tinggi Nasional (KPTN). Selain menghimpun dari berbagai multi sektor mahasiswa, KPTN pun mencoba menghimpun  komunitas, kelompok study dan individu, guna menjadikan sebuah gerakan rakyat. KPTN sendiri merupakan sebuah wadah dan ruang konsolidasi berskala nasional yang didirikan untuk merespon isu-isu pendidikan yang ada di Indonesia.

Setelah melakukan rapat koordinasi KPTN-Banten (KPTN-B), mahasiswa yang tergabung dalam KPTN-B kemudian melanjutkan kegiatan konferensi nasional yang diadakan di Yogyakarta pada Sabtu, 30 Juni 2018 silam. Kegiatan tersebut bertempat di Gelanggang Mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) yang dihadiri oleh 86 mahasiswa perwakilan dari tiap organisasi, daerah, kampus dan individu.

"Keadaan pendidikan yang ada di Banten merupakan dampak dari krisis ekonomi, penetrasi lembaga-lembaga internasional terhadap Indonesia, khususnya pendidikan, sehingga menimbulkan komersialisasi dan liberalisasi pendidikan," ujar Aufa yang turut hadir dalam konferensi nasional KPTN sekaligus Sekjend Untirta Movement Community.

Dilansir dari press release yang diterbitkan oleh KPTN, organisasi tersebut menilai bahwa mahalnya biaya pendidikan hari ini, adalah salah satu dampak dari intervensi lembaga-lembaga internasional, seperti World Bank, International Monetary Fund (IMF) dan World Trade Organization (WTO). Semakin terlihatnya krisis kapitalis global sehingga berdampak terhadap dunia pendidikan, dengan  muncul nya komersialisasi dan liberalisasi pendidikan.

Berdasarkan kondisi tersebut, KPTN menyatakan sikap akan terus berjuang menghapus skema liberalisasi komersialisasi & privatisasi dalam pendidikan, menggalang persatuan & gerakan rakyat demi terwujudnya  pendidikan untuk rakyat dan membangun jaringan solidaritas agar terwujudnya demokrasi.

(Reporter: Didi Suhaedi)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.