Langsung ke konten utama

Serba Serbi Ramadan di Masjid Agung Serang

Foto : Masyarakat Serang yang menunggu waktu berbuka puasa di teras Masjid Agung At-Tsauroh (27/5/2018)
Doc.pribadi

            OrangeNews - Warga Kota Serang menyerbu Bazar Ramadan yang diadakan di pelataran Masjid Agung At-Tsauroh. Berbagai jenis jajanan pasar khas Serang untuk berbuka puasa seperti, otak-otak, bontot, cuer, cucur, ketan bintul dsb yang berdasarkan keterangan, merupakan makanan kesukaan raja-raja di Banten pada masa lampau.


“Selama Ramadan kita menyediakan stan sebanyak 132 unit dan 90 persen diantaranya merupakan stan kuliner, sisanya untuk penjualan pakaian, pameran sepeda motor serta buku.” Ujar Roni selaku Ketua bidang acara dan promosi. Dana penyewaan bazar dibagi untuk sewa tenda, pembayaran listrik, kebersihan masjid, dan penceramah. Sudah 10 tahun terakhir bazar Ramadan ini rutin dibuka setiap tahunnya.

Ada beberapa kegiatan yang rutin dilaksanakan yakni kegiatan peribadatan dimulai dari tadarus, salat subuh, kajian salat subuh, persiapan buka puasa, salat maghrib, salat isya, kuliah ba’da isya dan tarawih. Setiap senin dan jumat Masjid Agung Serang menyelenggarakan buka bersama di selasaran masjid yang makanannya didapat dari DKM masjid, pedagang, warga sekitar dan  Jualan Piring. 

Jualan Piring merupakan istilah yang digunakan masyarakat Serang kegiatannya berupa membagikan piring kosong oleh anak-anak untuk dibagikan kepada warga yang nantinya diisi dengan makanan dan sekitar jam 5 sore diambil untuk dimakan bersama saat berbuka puasa.
Menurut Fahmi warga Serang asal Kota Baru menuturkan niatnya kesini untuk reunian bersama teman alumni SMA-nya. 

“Tempat ini rekomendasi banget untuk kumpul, tempatnya luas ada sejarahnya juga dan gratis, gausah keluarin biaya lagi untuk sewa tempat” tuturnya. 

Roni berharap warga Kota Serang bisa meramaikan masjid. “Saya harap warga Serang khusunya di bulan Ramadan antusiasme bukan hanya belanja makananya saja, tapi antusiasme bisa memakmurkan masjid,  jangan sampai ketika 10 hari terakhir puasa bukannya tambah ramai tapi malah ramai di pusat perbelanjaan. Alhamdulillah dengan adanya bazar ini di tanggal 2 juni akan kedatangan Kampung Ramadan yang disiarkanoleh GTV dan ada artis ibukota yang akan meramaikan semarak Ramadan di Masjid Agung Kota Serang.” Tutupnya. 

( Reporter : Tanti Nurmala Sari )

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penantian Kampus Baru Untirta

Tembok simbol Untirta yang berada di Kampus A Untirta, Pakupatan, Serang
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus melakukan pembenahan untuk fasilitas proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembangunan kampus baru Untirta yang diberdirikan di Sindangsari, kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang. Pembangunan ini akan direncanakan rampung pada tahun 2020.
Pembangunan kampus baru Untirta Sindangsari, dilakukan mengingat kapasitas mahasiswa kian padat dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini membuat pihak Untirta berinisiatif membangun kampus baru, dengan jumlah dan kapasitas yang cukup menampung mahasiswa Untirta di kemudian hari.
Pasalnya kampus baru ini akan dibangun 11 gedung perkuliahan dan 4 gedung Fakultas seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Ekonomi (FE). Ke empat Fakultas ini akan menempati kampus baru Sindangsari nanti, sedangkan kampus Untirta di Pakupatan akan digunakan untuk Di…

KBM Untirta, Ingatkan Mahasiswa Akan Darurat Demokrasi Melalui Aksi

(foto: aksi didepan ged a, kampus a)
OrangeNews (08/03) - Keluarga Besar Mahasiswa (KBM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) yang terdiri dari BEM Fakultas, BEM Universitas, serta organisasi eksternal kampus menyelenggarakan aksi menanggapi isu nasional, aksi ini untuk mengingatkan sesama teman - teman mahasiswa yang lain.
Aksi ini dilaksanakan mulai hari ini hingga beberapa hari kedepan, pelaksanaannya ada di Kampus A dan Kampus C Untirta (Ciwaru). Aksi yang direncanakan sejak tiga minggu lalu ini merupakan gagasan dari diskusi melalui forum dengan mengundang seluruh elemen yang dikaji sampai muncul inisiasi aksi hari ini dan melalui proses konsolidasi.
Ada beberapa hal yang disikapi, yakni mewujudkan demokratisasi dan kesejahteraan rakyat. Situasi nasional saat ini sangat mencekam dimana demokrasi dibungkam, pertama dengan lahirnya UU MD3 (Undang  Undang Majelis Permusyawaratan Rakyat, Dewan Perwakilan Rakyat, Dewan Perwakilan Daerah, dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah), ked…

Gebrakan Mahasiswa Untirta untuk lebih Berprestasi

( foto: pembukaan acara pada saat pengukuhan)
OrangeNews(28/02) - Kemarin telah dikukuhkan 18 UKM dan 3 Lembaga Mahasiswa Bertempat di Auditorium Kampus A sultan Ageng Tirtayasa yang dihadiri sejumlah petinggi kampus. 
Dalam sambutannya Suherna selaku Wakil Rektorat 3 menyampaikan bahwa setiap ormawa sudah membuat program kerja yang sifatnya menuju prestasi mengingat Kampus Untirta di Banten sudah sangat pesat perkembangannya sehingga Mahasiswa Untirta harus mengikuti pertumbuhan itu dengan cara membangun komunikasi dengan perguruan tinggi lain dan dapat menghasilkan prestasi agar kampus Untirta menjadi spektakuler dan disegani oleh perguruan tinggi yang ada di Banten “Program kerja prestasi sudah jadi kebijakan dari pihak kemahasiswaan, Alhamdulillah sekarang karna mahasiswa punya banyak prestasi jadi peringkat insitusi kita naik” Ujar Suherna. 
Selain itu Ia berpesan kepada Mahasiswa agar Mahasiswa gali keahlian mereka melalui organisasi yang ada dikampus dengan Mahasiswa mengikuti org…