Header Ads

Tips Berolahraga Saat Menjalankan Ibadah Puasa

Jogging merupakan olahraga ringan yang dianjurkan selama berpuasa. Foto: Nisa S

Puasa bukan menjadi alasan untuk tidak menjalankan aktivitas seperti biasa. Menjaga kesehatan merupakan bagian penting dalam menjalankan ibadah puasa, agar tubuh tetap sehat dan bugar. Olahraga merupakan salah satu contoh pengaruh positif untuk menjaga daya tahan tubuh, berikut kami rangkum beberapa tips berolahraga selama berpuasa tanpa mengganggu aktivitas puasa.

Yayan S Ryan, selaku  Anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) mengatakan, tips berolahraga selama berpuasa ialah melakukan jenis olahraga ringan. Seperti jalan santai dan bersepeda, sebab jenis olahraga berat menyebabkan dehidrasi dan suhu tubuh menurun. Adapun waktu untuk olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari, selang dua jam setelah sahur. Kemudian, hindari berolahraga di waktu istirahat, seperti waktu tidur. Durasi waktu yang ideal untuk olahraga minimal 15 menit dan maksimal 30 menit.

“Berolahraga diimbangi pola makan seperti mengurangi makanan yang berlemak, santan dan manis. Minum air putih yang banyak dan sebaiknya olahraga di tempat yang teduh atau indoor, tambah Yayan ketika ditemui di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untirta, Jumat (10/05).

Nah, Oranger, selain itu, berolahraga saat berpuasa memiliki banyak manfaat, lho. Diantaranya ialah melancarkan peredaran darah, mengeluarkan racun dari tubuh (detoksifikasi), menghilangkan rasa malas dan ngantuk, serta menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat dan segar saat  menjalankan aktivitas selama berpuasa.

Gimana, Oranger? Banyak bukan manfaatnya? Selamat mencoba, ya, Oranger!

(Reporter: Nisa Sofiah)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.