Langsung ke konten utama

Penuhi Gizi Saat Berpuasa



OrangeNews - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke V, Ramadan merupakan bulan ke sembilan pada kalender tahun Hijriyah yang berjumlah 29 atau 30 hari. Pada bulan ini, umat muslim yang sudah akil baligh diwajibkan untuk berpuasa. Puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yaitu membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun didalam tubuh.

Saat berpuasa pastinya asupan gizi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang, terlebih karena banyaknya aktivitas yang dilakukan saat berpuasa. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kesehatan pada saat berpuasa agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dan berpuasa dengan baik. Menjaga kesehatan saat berpuasa dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan simpel, seperti mengatur pola asupan gizi. Lalu, bagimanakah cara agar asupan gizi tubuh kita tetap terpenuhi saat berpuasa? 

Menurut Tricahyani Endah Yuniarti selaku dokter di Klinik Untirta, agar gizi tubuh tetap terpenuhi saat berpuasa, dapat dilakukan dengan cara pemenuhan gizi yang seimbang. Artinya, makanan yang dikonsumsi seperti sayur, buah, protein dan karbohidrat dapat dikonsumi dengan baik. Namun pemilihan makanan yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh setiap orang, misalnya bagi orang yang terkena penyakit harus hati-hati dalam pemilihan makanan yang dikonsumsi.
                             
“Gizi harus seimbang baik itu karbohidratnya, sayur-mayurnya, vitamin dan protein atau buah-buahnnya itu harus baik, tapi untuk orang yang sakit perlu diperhatikan jadi pemenuhan gizi itu sesuai dengan latar belakangnya.” tambah Tricahyani saat ditemui di Klinik Untirta pada Jumat (11/05).

Ia juga menambahkan bahwa, sebenarnya pemenuhan gizi pada saat puasa tak jauh berbeda dengan pemenuhan gizi diluar ketika berpuasa, pada saat berpuasa pemenuhan gizi dapat dilakukan pada saat buka puasa, selesai menunaikan shalat tarawih atau pada saat sahur, hanya saja pemilihan makanan yang sangat berpengaruh guna memenuhi gizi tersebut.

Pada akhir wawancara, Tricahyani memberikan tips agar pada saat berpuasa rasa lapar tidak cepat melanda, yaitu dengan mengkonsumi makanan yang mengandung banyak serat, salah satu contohnya ialah oatmeal.

Wah, mudah ya, Oranger. Jangan lupa tetap penuhi gizimu selama berpuasa, ya. Selamat berpuasa, Oranger!

(Reporter: Chairun Nissa)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penantian Kampus Baru Untirta

Tembok simbol Untirta yang berada di Kampus A Untirta, Pakupatan, Serang
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus melakukan pembenahan untuk fasilitas proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembangunan kampus baru Untirta yang diberdirikan di Sindangsari, kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang. Pembangunan ini akan direncanakan rampung pada tahun 2020.
Pembangunan kampus baru Untirta Sindangsari, dilakukan mengingat kapasitas mahasiswa kian padat dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini membuat pihak Untirta berinisiatif membangun kampus baru, dengan jumlah dan kapasitas yang cukup menampung mahasiswa Untirta di kemudian hari.
Pasalnya kampus baru ini akan dibangun 11 gedung perkuliahan dan 4 gedung Fakultas seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Ekonomi (FE). Ke empat Fakultas ini akan menempati kampus baru Sindangsari nanti, sedangkan kampus Untirta di Pakupatan akan digunakan untuk Di…

Jurusan Pindah, Kelas Begah

Kenalkan Teknologi Pangan di acara Open House Faperta 2018

Foto: Suasana acara Open House Faperta 2018
OrangeNews (10/4) - Open House Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan di lingkungan mahasiswa Faperta Untirta. Open house tahun ini di inisiasi oleh BEM Faperta serta KBM Faperta yang diselenggarakan di Auditorium Gedung B Untirta. Dalam acara tersebut terdapat diskusi interaktif seputar informasi terbaru Faperta, pengenalan jurusan baru serta pengukuhan ormawa di lingkungan Faperta.
Dengan mengusung tema "Sambut Keluarga Baru, Pererat Silaturahmi menuju Faperta yang Harmoni" Open House kali ini menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga besar fakultas pertanian agar terjalinnya keeratan diantara mahasiswa Faperta. 
"Open House tahun ini sebenarnya lebih ke mengenalkan keluarga baru jurusan di Fakultas Pertanian, yakni Teknologi Pangan yang ke seluruh Mahasiswa Faperta baik yang berorganisasi maupun tidak berorganisasi" ujar Dita selaku Ketua pelaksana kegiatan Open House Faperta …