Header Ads

Penuhi Gizi Saat Berpuasa



OrangeNews - Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia edisi ke V, Ramadan merupakan bulan ke sembilan pada kalender tahun Hijriyah yang berjumlah 29 atau 30 hari. Pada bulan ini, umat muslim yang sudah akil baligh diwajibkan untuk berpuasa. Puasa memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan yaitu membantu menjaga berat badan, meningkatkan kekebalan tubuh, menyehatkan sistem pencernaan dan mengeluarkan racun didalam tubuh.

Saat berpuasa pastinya asupan gizi yang masuk kedalam tubuh akan berkurang, terlebih karena banyaknya aktivitas yang dilakukan saat berpuasa. Oleh karena itu, penting sekali menjaga kesehatan pada saat berpuasa agar dapat menjalankan aktivitas sehari-hari dan berpuasa dengan baik. Menjaga kesehatan saat berpuasa dapat dilakukan dengan cara yang mudah dan simpel, seperti mengatur pola asupan gizi. Lalu, bagimanakah cara agar asupan gizi tubuh kita tetap terpenuhi saat berpuasa? 

Menurut Tricahyani Endah Yuniarti selaku dokter di Klinik Untirta, agar gizi tubuh tetap terpenuhi saat berpuasa, dapat dilakukan dengan cara pemenuhan gizi yang seimbang. Artinya, makanan yang dikonsumsi seperti sayur, buah, protein dan karbohidrat dapat dikonsumi dengan baik. Namun pemilihan makanan yang dilakukan harus sesuai dengan kebutuhan gizi yang diperlukan oleh setiap orang, misalnya bagi orang yang terkena penyakit harus hati-hati dalam pemilihan makanan yang dikonsumsi.
                             
“Gizi harus seimbang baik itu karbohidratnya, sayur-mayurnya, vitamin dan protein atau buah-buahnnya itu harus baik, tapi untuk orang yang sakit perlu diperhatikan jadi pemenuhan gizi itu sesuai dengan latar belakangnya.” tambah Tricahyani saat ditemui di Klinik Untirta pada Jumat (11/05).

Ia juga menambahkan bahwa, sebenarnya pemenuhan gizi pada saat puasa tak jauh berbeda dengan pemenuhan gizi diluar ketika berpuasa, pada saat berpuasa pemenuhan gizi dapat dilakukan pada saat buka puasa, selesai menunaikan shalat tarawih atau pada saat sahur, hanya saja pemilihan makanan yang sangat berpengaruh guna memenuhi gizi tersebut.

Pada akhir wawancara, Tricahyani memberikan tips agar pada saat berpuasa rasa lapar tidak cepat melanda, yaitu dengan mengkonsumi makanan yang mengandung banyak serat, salah satu contohnya ialah oatmeal.

Wah, mudah ya, Oranger. Jangan lupa tetap penuhi gizimu selama berpuasa, ya. Selamat berpuasa, Oranger!

(Reporter: Chairun Nissa)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.