Header Ads

Pilihan Makanan yang Tepat Saat Datang Bulan

Menstruasi yang dapat menimbulkan rasa nyeri dibagian perut wanita
(sumber: yukepo.com)

Menstruasi sudah bukan hal yang terdengar asing lagi dikalangan masyarakat luas terutama untuk kaum wanita yang selalu menghadapinya setiap bulan. Hal yang terjadi karena sel telur (Ovum) yang tidak dibuahi keluar bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah tersebut, dapat membuat hormon pada wanita naik-turun dan membuat kebutuhan wanita akan gizi yang seimbang berubah-ubah.

Gizi yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi dan siklus menstruasi menjadi tidak beraturan. Oleh karena itu untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi disaat mengalamai menstruasi pemilihan makanan yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap mendapatkan gizi yang seimbang dalam masa menstruasi.

“Sayur, buah-buahan, dan makanan yang mengandung zat besi seperti ayam,daging,ikan serta kacang-kacangan adalah pilihan konsumsi yang baik ketika menstruasi”. Ujar Dwike, ahli gizi R.S Bunda Dalima Serpong pada Sabtu (3/3).

Makanan sehat juga lebih baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gizi serta keadaan tubuh ketika menstruasi, dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman datang bulan yang dapat mengganggu hormon beserta siklus menstruasi.

“Untuk membuat makanan yang sehat guna mendukung keseimbangan gizi saat menstruasi, pengolahan makanan dapat dilakukan dengan cara yang variatif, selain digoreng, di bakar atau dikukus. Bahan makanan sehat dapat di olah menjadi cemilan sehat seperti es krim, susu rasa buah, yogurt, jus dan sop buah namun dengan catatan diolah sesuai dengan kebutuhan gizi yang tepat” ujar Dwike.

        “Saya menganggap bahwa makanan sehat seperti buah-buahan sangat penting ketika menstruasi, karena saya sendiri saat mensruasi kalau tidak makan buah lebih mudah lelah dan kalau mengolah makanan saya suka rebus dan jus makanan sehatnya.” Ujar Dewi Hambali.

Terdapat juga makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang dalam masa menstruasi seperti makanan  berkafein, makanan bergula tinggi ,dan makanan cepat saji (junk food) karena dapat merusak keseimbangan gizi.

(Reporter: MF/Newsroom)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.