Langsung ke konten utama

Pilihan Makanan yang Tepat Saat Datang Bulan

Menstruasi yang dapat menimbulkan rasa nyeri dibagian perut wanita
(sumber: yukepo.com)

Menstruasi sudah bukan hal yang terdengar asing lagi dikalangan masyarakat luas terutama untuk kaum wanita yang selalu menghadapinya setiap bulan. Hal yang terjadi karena sel telur (Ovum) yang tidak dibuahi keluar bersamaan dengan lapisan dinding rahim yang banyak mengandung pembuluh darah tersebut, dapat membuat hormon pada wanita naik-turun dan membuat kebutuhan wanita akan gizi yang seimbang berubah-ubah.

Gizi yang tidak seimbang dapat menyebabkan gangguan pada organ reproduksi dan siklus menstruasi menjadi tidak beraturan. Oleh karena itu untuk dapat memenuhi kebutuhan gizi disaat mengalamai menstruasi pemilihan makanan yang tepat adalah salah satu kunci keberhasilan untuk menjaga keadaan tubuh agar tetap mendapatkan gizi yang seimbang dalam masa menstruasi.

“Sayur, buah-buahan, dan makanan yang mengandung zat besi seperti ayam,daging,ikan serta kacang-kacangan adalah pilihan konsumsi yang baik ketika menstruasi”. Ujar Dwike, ahli gizi R.S Bunda Dalima Serpong pada Sabtu (3/3).

Makanan sehat juga lebih baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan gizi serta keadaan tubuh ketika menstruasi, dibandingkan dengan mengkonsumsi minuman datang bulan yang dapat mengganggu hormon beserta siklus menstruasi.

“Untuk membuat makanan yang sehat guna mendukung keseimbangan gizi saat menstruasi, pengolahan makanan dapat dilakukan dengan cara yang variatif, selain digoreng, di bakar atau dikukus. Bahan makanan sehat dapat di olah menjadi cemilan sehat seperti es krim, susu rasa buah, yogurt, jus dan sop buah namun dengan catatan diolah sesuai dengan kebutuhan gizi yang tepat” ujar Dwike.

        “Saya menganggap bahwa makanan sehat seperti buah-buahan sangat penting ketika menstruasi, karena saya sendiri saat mensruasi kalau tidak makan buah lebih mudah lelah dan kalau mengolah makanan saya suka rebus dan jus makanan sehatnya.” Ujar Dewi Hambali.

Terdapat juga makanan yang sebaiknya dihindari ketika sedang dalam masa menstruasi seperti makanan  berkafein, makanan bergula tinggi ,dan makanan cepat saji (junk food) karena dapat merusak keseimbangan gizi.

(Reporter: MF/Newsroom)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penantian Kampus Baru Untirta

Tembok simbol Untirta yang berada di Kampus A Untirta, Pakupatan, Serang
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus melakukan pembenahan untuk fasilitas proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembangunan kampus baru Untirta yang diberdirikan di Sindangsari, kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang. Pembangunan ini akan direncanakan rampung pada tahun 2020.
Pembangunan kampus baru Untirta Sindangsari, dilakukan mengingat kapasitas mahasiswa kian padat dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini membuat pihak Untirta berinisiatif membangun kampus baru, dengan jumlah dan kapasitas yang cukup menampung mahasiswa Untirta di kemudian hari.
Pasalnya kampus baru ini akan dibangun 11 gedung perkuliahan dan 4 gedung Fakultas seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Ekonomi (FE). Ke empat Fakultas ini akan menempati kampus baru Sindangsari nanti, sedangkan kampus Untirta di Pakupatan akan digunakan untuk Di…

Jurusan Pindah, Kelas Begah

Kenalkan Teknologi Pangan di acara Open House Faperta 2018

(Foto: Suasana acara Open House Faperta 2018)
OrangeNews (10/4) - Open House Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan di lingkungan mahasiswa Faperta Untirta. Open house tahun ini di inisiasi oleh BEM Faperta serta KBM Faperta yang diselenggarakan di Auditorium Gedung B Untirta. Dalam acara tersebut terdapat diskusi interaktif seputar informasi terbaru Faperta, pengenalan jurusan baru serta pengukuhan ormawa di lingkungan Faperta.
Dengan mengusung tema "Sambut Keluarga Baru, Pererat Silaturahmi menuju Faperta yang Harmoni" Open House kali ini menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga besar fakultas pertanian agar terjalinnya keeratan diantara mahasiswa Faperta. 
"Open House tahun ini sebenarnya lebih ke mengenalkan keluarga baru jurusan di Fakultas Pertanian, yakni Teknologi Pangan yang ke seluruh Mahasiswa Faperta baik yang berorganisasi maupun tidak berorganisasi" ujar Dita selaku Ketua pelaksana kegiatan Open House Fapert…