Header Ads

[ OSAMI EDISI 6 ]


9  Tips Ampuh Atasi Kejenuhan Kuliah
           
            Kejenuhan saat kuliah sudah seringkali dialami oleh mahasiswa yang dilanda stres akan tugas maupun masalah-masalah yang menghampiri mereka. Sobat Orangers, kalian mau tau dong cara mengatasi kejenuhan itu? Yuk simak tipsnya dibawah ini :

1.   Change Your Mindsets
Salah satu hal yang menjadi penyebab jenuhnya mahasiswa terhadap kuliah adalah tugas-tugas yang menumpuk. Jika sudah seperti itu hanya mahasiswa sendiri itulah yang dapat meyakinkan dan meningkatkan kembali semangat kuliahnya, bukan orang lain. Coba deh untuk mencicil tugasmu agar tidak ada yang namanya SKS (Sistem Kebut Semalam) yang membuat kamu dikejar deadline, kemudian begadang. “Bukan Cuma tugasnya, dosennya aja gak seru, terlalu kaku dan serius. Kita-kita kan jadi tegang setiap diajar dia”. Setiap dosen memiliki sikap, sifat, dan cara mengajar yang berbeda-beda. Mahasiswa cenderung menyukai dosen yang ramah, lucu dan tidak kaku. Tapi, jangan mudah tertipu dengan semua itu. Dosen yang menurutmu baik belum tentu memberikanmu nilai yang baik pula. Ubah deh pola pikirmu yang seperti itu. Mulai dari sekarang perlakukanlah semua dosenmu dengan baik. Nilaimu bergantung pada dirimu sendiri.

2.   Focus
Mengubah pola pikir kalian aja itu gak cukup. Yuk sekarang belajar sama yang namanya fokus. Fokus aja dulu sama mata kuliah favorit kamu atau kamu juga bisa fokus sama organisasi yang kamu ikuti, karena keduanya adalah pilihan kamu dan dari kedua itulah kamu akan mulai nyaman sama apa yang kamu jalani. Terutama buat ngerjain tugas-tugas kuliah kamu yang membuatmu bosan.

3.   Profit
Kamu ngerasa gak sih kalau keseharian kamu itu monoton,mainstream, dan gitu-gitu aja? Banyak  kok yang ngerasa gitu. Kalau begitu, kita cari keuntungannya aja yuk. Pertama, pikirin orang tua kalian yang kerja banting tulang cuma buat biayain kuliah kalian. Kalian dapat keuntungan karena bisa kuliah dan mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat banget pastinya buat kelanjutan hidup kalian juga. Kedua, kalau kamu tipe orang yang humble, solid, dan loyal, kamu pasti punya banyak teman, senior, junior, dan relasi yang nantinya akan mengisi jenuhnya keseharian kamu.

4.   Loving Your Campus
Terkadang, kampus yang sekarang jadi tempat belajar kamu bukanlah kampus yang selama ini kamu idam-idamkan. Kamu merasa cepat bosan dan berpikir “Kenapa gue bisa nyasar di tempat ini ya?”. Kalo ada dari kalian yang masih suka berpikiran seperti itu, kita coba analisis dulu yuk. Meskipun kamu gak suka sama kampus kamu dan itu yang membuat kamu sering uring-uringan sama kampus kamu, pastinya kamu punya dong sesuatu hal yang bikin kamu semangat buat jalanin aktivitas kamu di kampus, seperti mata kuliah favorit kamu, kantin tempat kamu biasa makan sama temen-temen kamu, ataupun fasilitas-fasilitas kampus yang selama ini kamu gunakan. Dari hal-hal kecil itu, perlahan kamu akan mulai betah dan menyukai kampus kamu sendiri. Inilah kenapa ada pepatah “Don’t judge an University by the Cover” hehehe.

5.   Quality Time
Ini nih yang bakalan bikin kejenuhan harimu perlahan hilang. Kamu bisa luangkan waktu santai di luar aktivitas yang selama ini rutin kamu jalani. Kamu bisa noton film, main games, olah raga, dengerin musik, dan bahkan kamu bisa sharing-shaing masalah kamu ke teman-teman terdekatmu. Percaya aja, hidup itu dibawa santai.

6.   Don’t Stay Up
Buat kamu yang hobi banget tidur di atas jam 10 malam, kurang-kurangin deh. Apalagi buat kamu yang isomnia. Susah sih, tapi setidaknya kamu harus punya waktu tidur yang cukup yaitu 7 sampai 8 jam sehari. “Gimana kalau tugas gue numpuk dan deadlinenya besok?”, kalau itu sih salah kamu sendiri, kenapa tidak mencicil tugasmu di hari sebelumnya. Karena menurut riset, tidur begadang justru akan membuatmu terlihat letih, tidak bersemangat di pagi hari, konsentrasi menurun, dan emosimu mudah sekali naik turun. Kamu tidak akan fokus saat di dalam kelas dan harimu menjadi membosankan.

7.   Hangout
Duh mahasiswa jaman sekarang pasti hobi banget sama yang namanya hangout. Nongkrong sama teman-teman, ngobrol wara-wiri, dan gosip-gosip manja. Boleh kok boleh, asalkan jangan keseringan ya. Inget hangout juga butuh money, kalian kan dikasih uang buat kuliah bukan buat hangout.

8.   Call Your Parents
Tips yang ke-8 ini khusus banget sih untuk mahasiswa perantau. Walaupun kalian memungkiri itu, tapi pasti ada saja rindu yang terselubung di benak kalian. Benar sih kata Dilan kalau rindu itu berat. Mahasiswa yang kampung halamannya jauh dari kampusnya itu susah banget sama yang namanya curhat sama orang tua. Apalagi kalau kamu tipe anak yang selalu mengadukan apapun masalah mu ke orang tua. Kalau kamu mulai menemukan titik jenuhmu, coba deh telepon orang tua kamu, minta nasihat beliau dan bilang sayang ke beliau, pasti pikiran kamu jadi plong deh. Saat itu pula kamu mulai sadar bahwa kamu adalah harapan mereka. Jangan sia-siakan itu ya teman-teman.

9.   Stress is Normal
Siapa bilang stres itu dilarang? Stres itu normal. Dia datang tanpa kamu suruh. Ada kalanya kamu dilanda lelah dan stres. Saat itu ekspresikan saja apa yang ingin kamu keluarkan. Kalau perlu menangislah, berteriaklah semampu kamu. Keluarkan segala keluh kesah yang membludak di pikiranmu, agar kamu tidak semakin stres karena masalah-masalahmu. Intinya sih jangan kebanyakan stres, itu baru tidak untukmu dan juga kesehatanmu.

Nah itu dia 9 tips ampuh atasi kejenuhan kalian saat kuliah. Semoga bisa bermanfaat dan membuat kalian semangat lagi menjalani aktivitas kuliah kalian. Terus semangat ya sobat Orangers!!

(Oleh: Devy - Ilmu Komunikasi 2017, Untirta)

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.