Langsung ke konten utama

BEM Untirta, Pantik Kepekaan Sosial Melalui Diskusi

Suasana diskusi yang diadakan oleh BEM Untirta yang dihadiri oleh pelbagai Organisasi Mahasiswa di Aula PKM A, Kampus A Untirta-Serang (28/2)


OrangeNews (1/3) - Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengadakan diskusi pada Rabu (28/2) dengan tema Membedah Situasi Nasional yang berlokasi di aula PKM A, kampus A Untirta-Serang. Diskusi ini dihadiri oleh perwakilan beberapa BEM Fakultas, Unit Kegiatan Kampus (UKM), Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) dan organisasi eksternal kampus.

Acara diskusi ini bertujuan untuk menjalin silaturahim, perkenalan masing-masing Organisasi Mahasiswa (Ormawa) serta mencoba menjaring aspirasi yang lahir dari UKM, HMJ, dan BEM. Selain itu diskusi yang diadakan oleh BEM Untirta ini diharapkan menimbulkan kepekaan mahasiswa terhadap problematika sosial saat ini.

Mahasiswa sekarang itu masih menutup mata mengenai isu-isu yang di keluarkan mengenai kebijakan pemerintah yang pada dasarnya dampak atau imbasnya mengenai juga kepada kita para mahasiswa. Seperti misalnya mengenai kebijakan di bidang pendidikan yang bisa mempengaruhi UKT ataupun menimbulkan adanya  SPIN” ujar Muhammad Fadli selaku Presiden Mahasiswa Untirta.

Selain itu, Ibnu Ridho, mahasiswa Fakultas Hukum selaku Presiden Untirta Movement Community mengutarakan bahwasanya kebanyakan masyarakat Indonesia atau bahkan mahasiswanya sendiri ini justru malah belum mau bergerak ketika penindasan ataupun permasalahanya tersebut itu menimpa dirinya sendiri. Ia juga berharap agar mahasiswa peduli dengan lingkungan sekitar dan sama-sama mau bergerak dengan sadar dan tanpa ragu walaupun dihadapi dengan berbagai macam kontradiksi.

Diskusi yang dimulai sejak pukul 16.30 – 22.00 WIB ini diawali dengan pembahasan mengenai isu yang ada di kampus, kemudian berlanjut pada isu daerah hingga nasional. Adapun permasalahan  kampus yang dibawa dalam diskusi kali ini  ialah; keadaan parkiran yang begitu becek, kelas yang dibagi menjadi dua di kampus C Untirta, denda perpustakaan hingga mahasiswa yang terpaksa cuti karena telat membayar UKT.


Problematika  yang ada di kampus ini dinilai mengganggu kondusifitas proses pembelajaran, terutama di kampus C Untirta yang terletak di Ciwaru. Sedangkan untuk isu daerah dan nasional yang dibahas antara lain; problematika pembungkaman demokrasi (re: UUMD3 & RKUHP), komersialisasi pendidikan, draft Permenristekdikti, permasalahan buruh dan impor beras. Diskusi yang membahas pelbagai isu ini rencananya akan dilanjutkan kembali pada Selasa mendatang (6/3).

(Reporter: Hasbi)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Penantian Kampus Baru Untirta

Tembok simbol Untirta yang berada di Kampus A Untirta, Pakupatan, Serang
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) terus melakukan pembenahan untuk fasilitas proses pembelajaran. Salah satunya adalah pembangunan kampus baru Untirta yang diberdirikan di Sindangsari, kecamatan Pabuaran, kabupaten Serang. Pembangunan ini akan direncanakan rampung pada tahun 2020.
Pembangunan kampus baru Untirta Sindangsari, dilakukan mengingat kapasitas mahasiswa kian padat dan meningkat jumlahnya dari tahun ke tahun. Hal ini membuat pihak Untirta berinisiatif membangun kampus baru, dengan jumlah dan kapasitas yang cukup menampung mahasiswa Untirta di kemudian hari.
Pasalnya kampus baru ini akan dibangun 11 gedung perkuliahan dan 4 gedung Fakultas seperti Fakultas Hukum (FH), Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Fakultas Pertanian (Faperta) dan Fakultas Ekonomi (FE). Ke empat Fakultas ini akan menempati kampus baru Sindangsari nanti, sedangkan kampus Untirta di Pakupatan akan digunakan untuk Di…

Jurusan Pindah, Kelas Begah

Kenalkan Teknologi Pangan di acara Open House Faperta 2018

(Foto: Suasana acara Open House Faperta 2018)
OrangeNews (10/4) - Open House Fakultas Pertanian (FAPERTA) merupakan salah satu kegiatan rutin tahunan yang diadakan di lingkungan mahasiswa Faperta Untirta. Open house tahun ini di inisiasi oleh BEM Faperta serta KBM Faperta yang diselenggarakan di Auditorium Gedung B Untirta. Dalam acara tersebut terdapat diskusi interaktif seputar informasi terbaru Faperta, pengenalan jurusan baru serta pengukuhan ormawa di lingkungan Faperta.
Dengan mengusung tema "Sambut Keluarga Baru, Pererat Silaturahmi menuju Faperta yang Harmoni" Open House kali ini menjadi ajang silaturahmi bagi keluarga besar fakultas pertanian agar terjalinnya keeratan diantara mahasiswa Faperta. 
"Open House tahun ini sebenarnya lebih ke mengenalkan keluarga baru jurusan di Fakultas Pertanian, yakni Teknologi Pangan yang ke seluruh Mahasiswa Faperta baik yang berorganisasi maupun tidak berorganisasi" ujar Dita selaku Ketua pelaksana kegiatan Open House Fapert…